Minggu, 06 Desember 2015

PERBEDAAN SEGMENTASI DIFERENSIASI DAN POSITIONING

Segmentasi

Suatu proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelangan yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa.

Dasar segmentasi yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi tuntutan atau respon pelanggan yang berbeda.

Contoh :
Perusahaan Campbell Soup menjadikan China sebagai target mereka mengingat China adalah pengkonsumsi sup tertinggi di dunia. (Segmen : Industri Kuliner)

Targeting

Suatu kegiatan dalam mengevaluasi dan membandingkan kelompok yang sudah teridentifikasi untuk kemudian dipilih satu atau beberapa yang memiliki potensi tertinggi.


Contoh :

Berdasarkan Ukuran Segmen dan Potensi Pertumbuhan :
Rasio pemakai komputer di AS adalah 1: 4 sementara di China adl 1: 6000

Berdasarkan Persaingan :
Kodak vs Fuji

Berdasarkan Kesesuaian dan kelayakan :
Pepsi vs Coca-Cola

Positioning

Penanaman produk di benak konsumen.

Positioning dibagi menjadi dua bagian :

High Tech Positioning, yakni produk yang ditawarkan berdasarkan fitur konkrit barang tersebut. Biasanya customer membutuhkan data/informasi teknis.

Contoh : Komputer, gadget, dsb.

High Touch Positioning, yakni produk yang lebih menitikberatkan kepada pencitraan benda itu sendiri di mata masyarakat umum. Biasanya bahasanya sangat general dan memiliki seperangkat simbol yang berhubungan dengan kemakmuran, materi, dan romance.

Contoh : Minute Maid Pulpy Orange (kemakmuran), Harley Davidson (materi), dan Dufan (romance).

Diferensiasi

Tindakan merancang suatu set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar